SISTEM DAN PEMERINTAHAN

A. Definisi Dan Konsep Sistem
Sistem menurut para ahli adalah sebagai berikut:

Menurut Abdul Kadir (2014:61) bahwa “Sistem adalah sekumpulan elemen yang saling terkait atau terpadu yang dimaksudkan untuk mencapai suatu tujuan”.

Menurut Sutabri (2012:3) bahwa “Sistem adalah suatu kumpulan atau himpunan dari suatu unsur, komponen, atau variabel yang terorganisasi, saling berinteraksi, saling tergantung satu sama lain dan terpadu”.

Menurut Sutarman (2012:13) bahwa “Sistem adalah kumpulan elemen yang saling berhubungan dan berinteraksi dalam satu kesatuan untuk menjalankan suatu proses pencapaian suatu tujuan utama”.

Menurut Fatansyah (2015:11) bahwa “Sistem adalah sebuah tatanan (keterpaduan) yang terdiri atas sejumlah komponen fungsional (dengan satuan fungsi dan tugas khusus) yang saling berhubungan dan secara bersama-sama bertujuan untuk memenuhi suatu proses tertentu”.

Dengan demikian secara sederhana sistem dapat diartikan sebagai suatu kumpulan atau himpunan dari unsur Atau variable-variabel yang saling teroganisasi, saling berinteraksi dan saling bergantung sama lain. secara ringkas menjelaskan bahwa sistem adalah

1. Komponen-komponen sistem saling berhubungan satu sama lainya.

2. Suatu keseluruhan tanpa memisahkan komponenpembentukanya.

3. Bersama-sama dalam mencapai tujuan.

4. Memiliki input dan output yang dibutuhkan oleh sistem lainnya.

5. Terdapat proses yang merubah input menjadi output.

6. Menunjukan adanya entropi

7. terdapat aturan

8. Terdapat subsistem yang lebih kecil.

9. terdapat deferensiasi antar subsistem.

10. Terdapat tujuan yang sama meskipun mulainya berbeda. 

B. Definisi Dan Konsep Pemerintahan

Secara umum, pemerintahan dapat didefinisikan sebagai organisasi yang memiliki kekuasaan untuk membuat dan menerapkan hukum serta undang-undang di suatu wilayah tertentu. Pemerintah merupakan sebuah organisasi yang memiliki:

1) Otoritas memerintah dari sebuah unit politik;

2) Kekuasaan yang memerintah suatu masyarakat politik(political);

3) Aparatus yang merupakan badan pemerintahan yang berfungsi dan menjalankan kekuasaan;

4) Kekuasaann untuk membuat peraturan perundang undangan, untuk menangani perselisihan dan membicarakan putusan administrasi dengan monopoli atas kekuasaan yang sah.

Pemerintahan dalam bahasa lnggris disebut government yang berasal dari bahasa Latin; gobernare, greek kybernan yang berarti mengemudikan, atau mengendalikan. pemerintahan itu adalah sebagai organisasi dari orang-orang yang mempunyai kekuasaan... bagaimana manusia itu bisa diperintah. Jadi ilmu pemerintahan bagi R. Mac Iver adalah sebuah ilmu tentang bagaimana manusiamanusia dapat diperintah (a science of how men are governed)

C. Sistem Pemerintahan

Sistem pemerintahan merupakan korelasi dan susunan di antara lembaga negara. forum negara tadi saling terikat. Selain itu, lembaga tadi jua berkesinambungan pada dalam satu kesatuan pada dalam rangka penyelenggaraan negara.

terdapat beberapa sistem pemerintahan di pada sebuah negara. seperti sistem pemerintahan presidensial, semi presidensial, parlementer, monarki, liberal, demokrasi, federal, tirani serta aristokrasi.

Adapun orang yg menjalankan sistem pemerintahan ialah pemerintah. Pemerintah ialah adonan asal sekelompok orang. Pemerintah adalah sejumlah forum pada pada negara. Tugas pemerintah adalah membentuk dan menegakan hukum pada suatu negara.

Untuk lebih jelasnya tentang sistem pemerintahan dapat diakses melalui link berikut: Bentuk Negara dan Sistem Pemerintahan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TRIAS POLITICA - KELOMPOK 4

BENTUK NEGARA DAN SISTEM PEMERINTAHAN

PENGERTIAN ILMU POLITIK DAN HUBUNGANNYA DENGAN ILMU-ILMU LAIN